Uncategorized

Fully Funded Beasiswa GKS untuk Kuliah di Korea Selatan

Fully Funded Beasiswa GKS untuk Kuliah di Korea Selatan

Annyeonghaseyo Sobat Cakap! Saat ini, Korea Selatan bukan hanya terkenal karena budayanya atau K-Pop; itu juga menjadi tempat yang populer bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Apa GKS?

Sebelum tahun 2010, beasiswa bergengsi Global Korea Scholarship (GKS) dikenal sebagai Korean Government Scholarship Program (KGSP). Beasiswa ini memberikan biaya penuh kepada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Korea Selatan.

NIIED (National Institute for kecpasarkemis.com International Education), sebuah badan pelaksana eksekutif di bawah naungan Kementerian Pendidikan Republik Korea Selatan, bertanggung jawab atas pengelolaan GSK. Pelajar internasional memiliki kesempatan dengan beasiswa GKS untuk belajar di institusi pendidikan tinggi di Korea Selatan untuk tingkat D3 hingga S3.

Tujuan program beasiswa GKS adalah untuk meningkatkan pertukaran pengetahuan secara internasional. Selain itu, GSK juga ingin mempererat hubungan persahabatan antara Korea Selatan dan negara-negara penerima beasiswa, termasuk Indonesia.

Kapan GKS tersedia?

Setiap tahun, program beasiswa GKS ditawarkan di ratusan negara, termasuk Indonesia! Pendaftaran untuk program sarjana biasanya dibuka pada bulan Agustus atau September setiap tahun.

Pendaftaran untuk program pascasarjana biasanya dibuka pada bulan Februari atau Maret tahun ini. Jika Anda ingin kuliah di Korea Selatan tahun depan, pastikan untuk menyiapkan persyaratan Anda sejak sekarang!

Metode Pendaftaran untuk Beasiswa GKS

Ada dua jalur pendaftaran untuk Beasiswa GKS. Jalur Kedutaan Besar atau Jalur Kedutaan Besar dan Jalur Universitas.

Track KBRI

Peserta Embassy Track dapat mendaftar beasiswa melalui Kedutaan Besar Republik Korea Selatan di negara mereka. Setelah lulus, peserta dapat memilih tiga universitas yang mereka inginkan.

Track Universitas

Peserta University Track harus mendaftar di universitas yang mereka inginkan dan kemudian mengikuti tes seleksi. Jika diterima, universitas tersebut akan merekomendasikan mahasiswa penerima beasiswa ke penyelenggara beasiswa GKS. Berikut ini adalah universitas yang tersedia untuk Anda pilih.

Metode Pendaftaran untuk Beasiswa GKS

Pemohon beasiswa GKS Jalur Kedutaan Besar (Embassy Track) dapat mendaftar langsung ke Kedutaan Besar Republik Korea Selatan yang terletak di Indonesia. Untuk memastikan pihak mana yang akan menerima pendaftaran beasiswa GKS, Anda dapat menghubungi kedutaan besar terlebih dahulu sebelum menyetor berkas.

Untuk pendaftaran, Anda harus membawa satu rangkap berkas asli dan tiga rangkap salinan (fotocopy) berkas. Anda dapat memilih tiga universitas—dua tipe A dan satu tipe B—jika Anda memilih jalur ini.

Mereka yang memilih Jalur Universitas (University Track) untuk mendaftar GKS dapat langsung mendaftar ke universitas yang mereka inginkan, berbeda dengan Jalur Kedutaan Besar, di mana mereka hanya dapat memilih 1 universitas. Setelah seleksi, universitas akan merekomendasikan Anda ke NIIED untuk mendapatkan beasiswa GKS.

Untuk mereka yang ingin mendaftar, pendaftaran untuk gelar sarjana biasanya dimulai pada bulan September, dan untuk gelar pascasarjana pada bulan Februari. Namun, perlu diingat bahwa masing-masing kedutaan besar dan universitas memiliki batas waktu yang berbeda, Sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *